Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Kabel Listrik

Fungsi Kabel Listrik
Fungsi Kabel Listrik
Kabel listrik merupakan suatu media untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator di sini adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari bahan thermoplastik atau thermosetting, sedangkan konduktornya terbuat dari bahan tembaga ataupun aluminium

Pada umumnya tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari Ampere × Volt = Watt. Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V × 10A = 2200 Watt. Sementara Kabel listrik berdasarkan tegangannya terdiri beberapa kategori, antara lain: Kabel listrik Tegangan Rendah, Kabel listrik Tegangan Menengah, dan Kabel listrik Tegangan Tinggi.

Fungsi Dari Kabel Listrik

Fungsi kabel listrik pada umumnya sama yaitu untuk menyalurkan aliran listrik sehingga apa yang tersambung oleh kabel tersebut akan menjadi menyala seperti listrik menyala, televisi menyala, ac menyala dan lainnya. Semua dapat menyala karena ada aliran listrik dan adanya aliran listrik karena adanya kabel yang terhubung dengan listri dan menyambung pada benda yang akan di nyalakan.

Selain itu kabel listrik juga dapat dihubungkan dengan batu baterai sehingga dengan bantuan kabel listrik yang terhubung dengan baterai akan menghasilkan aliran tenaga dari baterai ke benda yang akan di nyalakan.

Oke sahabat di atas telah dijelaskan beberapa fungsi kabel listrik. Dengan mengetahui fungsi tersebut akan menambah wawasan kita tentang hubungannya dengan kabel listrik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Fungsi Kabel Listrik"